Potensi Pariwisata Lembata Flores Timur

Spread the love

Potensi-Pariwisata-Lembata-Flores-Timur

Pariwisata Lembata Flores Timur

Lembata adalah pulau kecil yang terletak di seberang Flores bagian timur. Daerah yang beribukota Lewoleba ini memiliki luas 1.266,39 km2. Meskipun jauh dari kota, namun perjalanan Anda ke lokasi wisata ini akan terbayarkan dengan keindahan dan kekayaan alam flores timur yang dimiliki untuk memanjakan mata Anda akan liburan yang mengesankan.

Seperti yang telah dijelaskan mengenai Lembata yang memiliki keindahannya mengenai kekayaan alam. Keindahan tersebut terdiri dari perbukitan yang menawan, air terjun, keindahan laut, dan juga tradisi yang sangat unit. Untuk mengenal Lembata lebih dalam, akan dibahas mengenai keindahan Lembata lebih lanjut di poin selanjutnya.

Lembah Flores Timur

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat pariwisata di Flores Timur untuk liburan Anda.

1. Wisata Gunung Ile Ape

Lembata memiliki gunung aktif yang berada di tengah padang pasir dengan ketinggian 1450 mdpl. Gunung ini sering mengeluarkan belerang dan terdapat beberapa kawah di bagian tertentu pada gunung ini. Meskipun Gunung Ile Ape aktif namun masih bisa digunakan sebagai tempat wisata.

Selain Anda mendapatkan pemandangan dan spot foto yang bagus, gunung ini memiliki tebing-tebing yang sering digunakan untuk hiking (memanjat tebing). Dengan memanjat tebing ini maka Anda akan mencapai titik tertinggi di daerah Lembata ini.

2. Perkampungan Nelayan Lamalera

Kampung Nelayan di Lembata bernama Lamalera yang memiliki keunggulan sebagai tempat penangkapan ikan paus dengan cara yang tradisional. Upacara agama juga dilakukan sebagai ritual penangkapan ikan paus. Mayoritas warga Lamalera adalah beragama Islam.

Untuk sampai ke kampung ini Anda bisa melewati jalur darat maupun jalur laut. Namun sayangnya, rute yang harus dilewati tidaklah mulus karena jalan raya masih susah untuk dilewati karena kurang layak.

Baca juga:

3. Bukit Doa dan Bukit Cinta yang Menawan

Bukit ini disebut sebagai Wolor Pass. Bahasa Lamalohot Wolor Pass yang berarti tuan tanah di Bukit Cinta sangat cocok digunakan untuk nama Bukit ini. Background prasasti bertuliskan ‘LOVE’ dapat Anda jadikan sebagai spot foto yang mengagumkan.

Dari bukit ini Anda bisa memandangi pemandangan Gunung Bour, Gunung Ile Boleng, Gunung Koge, dan juga Laut Bour yang sangat cocok untuk melihat sunset di senja hari.

4. Pantai Bean di Lembata

Pantai Bean memiliki air laut yang jernih dan pasir bak kristal yang mengkilat. Bersantai dan berenang bisa Anda lakukan di Pantai Bean karena ombaknya cukup tenang. Terdapat tebing untuk Anda yang hobi hiking. Sayangnya, di pantai ini sangat susah mencari penjual makanan dan minuman.

5. Air Terjun Lodovavo Alawuwur

Di Lembata memiliki air terjuan yang sangat cantik, air terjun tersebut bernama Lodovavo Alawuwur. Air terjun yang terdapat di Lembata ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, lumayan tinggi bukan?. Jika Anda adalah seseorang yang memiliki jika petualang, maka air terjun ini tepat untuk Anda kunjungi.

Perjalanan ke arah air terjun ini bisa dibilang cukup ekstrim karena Anda harus melalui jalanan tanah dan sedikit berbatu. Selain itu, Anda bisa mandi di bawah air terjun ini karena aliran airnya tidak terlalu deras dan terdapat bebatuan besar sehingga tidak terdapat kolam air yang luas dan dalam.

Di atas telah disebutkan beberapa pariwisata yang terdapat di Flores Timur. Apakah Anda sudah menentukan akan berlibur ke Pulau Flores bagian timur? Jadikan rekomendasi di atas sebagai destinasi yang bisa Anda kunjungi. Siapkan waktu dan finansial terbaik Anda untuk liburan yang akan berkesan selama hidup Anda.