Berburu Kuliner Khas Flores Timur Yang Menggoda

Spread the love

Berburu-Kuliner-Khas-Flores-Timur

Berburu Kuliner Khas Flores Timur

Tidak lengkap rasanya bila pergi liburan tanpa mencicipi kuliner khas daerah tujuan wisata. Selain menyajikan pemandangan yang menakjubkan dan memanjakan mata, Pulau Flores menyimpan berbagai kuliner khas yang menggoda lidah para wisatawan untuk mencicipi kuliner khas pulau ini.

Mulai dari makanan berat seperti makanan yang berisi karbohidrat hingga makanan ringan seperti kripik-kripik atau camilan semua tersedia sebagai makanan khas Pulau Flores. Sangat banyak makanan yang bisa Anda cicipi untuk mengenyangkan perut Anda saat berada di Pulau Flores. Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner yang bisa Anda coba saat di Flores.

Rekomendasi Kuliner Khas Flores Timur

1. Makanan Rumpu Rampe

Rumpu rampe adalah makanan khas Flores yang bentuk fisiknya seperti tumisan. Namun, masakan ini terbuat dari bahan ubi dan daun pepaya yang dijadikan satu.

rumpu-rampe

Seperti layaknya makanan pokok, rumpu rampe biasa dimakan berssama dengan ikan bakar yang banyak ditemukan di daerah Maumere.

 

2. Kolo

Kolo adalah masakan khas Flores yang memiliki bentuk seperti lontong nasi. Yang membedakan adalah alat yang digunakan untuk membuat kolo adalah bambu. Jadi, kolo bisa dikenal sebagai nasi bambu.

Kolo-adalah-masakan-khas-Flores

Nasi yang dimasukkan ke dalam bambu muda berukuran panjang sekitar 30 cm dibakar di atas api. Setelah itu, nasi tersebut bisa Anda makan dengan menggunakan lauk khas Flores atau bahkan seafood. Dijamin Anda akan merasakan nasi dengan sensasi baru yang sangat menggoda dan bikin ketagihan.

 

3. Jagung Bose

Hidangan khas daerah Flores selanjutnya adalah Jagung Bose. Makanan jagung bose memang berbahan dasar jagung namun terdapat bahan tambahan yaitu kacang merah. Makanan ini termasuk makanan ringan yang bisa Anda gunakan sebagai camilan di setiap waktu, pagi hingga malam hari.

 

4. Makanan Jagung Catemak

Makanan berbahan dasar jagung asal Flores yang dicampuri dengan labu dan kacang hijau khas Flores disebut Jagung Catemak. Meskipun hampir sama penampakannya seperti kolak namun rasanya tidak manis seperti kolak pada umumnya. Rasa dari Jagung Catemak ini cenderung gurih dan asin sehingga bisa mengenyangkan perut Anda.

 

5. Masakan Se’i

Se’i adalah masakan khas Flores yang berasal dari daging sapi atau daging babi. Daging tersebut agar menjadi se’i harus diawetkan dalam proses pembuatannya dan dengan cara pengasapan. Setelah selesai di asap, maka daging se’i tersebut dapat disajikan setelah digoreng atau bahkan ditumis dengan berbagai sayuran.

Baca juga : Yuk intip kuliner khas Indonesia dan juga primadona pariwisata Indonesia Timur

 

6. Jagung Titi

Makanan khas selanjutnya adalah Jagung Titi yang berbentuk seperti keripik kecil-kecil. Jagung Titi adalah camilan yang bisa Anda temukan di Flores.

Jagung-Titi

Biasanya jagung titi ini dimakan bersama minuman kopi saat bersantai.

 

7. Kue rambut (Oleh-Oleh Khas Flores)

Kue Rambut memiliki tekstur seperti rambut dengan rasa yang gurih dan renyah yang berasal dari tepung beras, gula, nira, garam, dan air. Kudapan yang satu ini sering dibeli oleh para pengunjung sebagai makanan ringan untuk oleh-oleh khas Nusa Tenggara Timur atau Flores.

 

8. Seafood

Flores yang terkenal dengan lautnya maka tak lengkap tanpa adanya seafood. Jika Anda berlibur ke Flores jangan melupakan salah satu makanan kegemaran semua orang ini yaitu seafood. Dekat pantai berarti banyak ikan laut yang dijual disana maka makanlah seafood kesukaan Anda di Flores agar menambah kesan mengasyikkan saat makan seafood.

Berdasarkan rekomendasi di atas, mana yang ingin Anda cicipi? Jika Anda pergi ke Pulau Flores cobalah untuk makan kuliner khasnya yang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.

 

Berburu Kuliner Khas Flores Timur Yang Menggoda